ANALISD.com, Kaltim - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) terus berupaya untuk mengubah Hutan Tanaman Industri (HTI) di kawasan IKN, Kalimantan Timur, menjadi hutan hujan tropis melalui program reforestasi. Dalam pelaksanaannya OIKN telah menggandeng tiga perusahaan swasta untuk menjalankan upaya tersebut.

Ketiga perusahaan yang dimaksud adalah PT Multi Harapan Utama (MHU), PT Tirta Investama (Danone) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) serta Universitas Mulawarman (Unmul). Ketiga perusahaan ini nantinya bertugas untuk melakukan pembangunan Miniatur Hutan Hujan Tropis pada lahan seluas 97 Ha.

Program tersebut merupakan bagian dari prinsip pembangunan IKN yang didesain untuk memiliki kapasitas lebih dari 65% kawasan hutan tropis. Di mana proses pembangunan sendiri diawali dengan acara Groundbreaking yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub-WP 1A pada Rabu (20/12/2023) lalu.

Dalam hal ini MHU bertugas untuk mengembangkan 30 Ha area Miniatur Hutan Hujan Tropis di IKN Nusantara. Selain itu, perusahaan juga turut serta dalam pembangunan kawasan Hutan Lindung seluas 1,000 Ha di sekitar kawasan ibu kota baru.

Tidak berhenti di sana, anak usaha MMS Group Indonesia (MMSGI) ini juga ikut dalam pembangunan rumah kayu pintar dengan menggunakan solar cell pada area Rumah Galeri. Rumah kayu pintar sendiri merupakan hasil karya dari Idea Borneo, Mitra Binaan UMKM MHU yang melibatkan warga desa Ring 1 MHU.

Chief Operating Officer (COO) MHU, Faiz Fauzan mengatakan pihaknya merasa terhormat bisa ikut serta dalam pembangunan IKN Nusantara di Kaltim. Untuk itu ia mengaku selalu siap untuk menjalankan amanat pembangunan IKN yang diemban perusahaan.

"IKN sebagai Kota Hutan Berkelanjutan merupakan program strategis pemerintah, kami selalu siap untuk mendukung pengembangannya. Terlebih hal ini sejalan dengan prinsip induk perusahaan kami MMSGI," Faiz dalam keterangannya Jumat (29/12/2023).

"Selain penanaman pada area hutan hujan tropis, rumah kayu pintar pada area Rumah Galeri juga dibangun oleh UMKM lokal binaan MHU. Saya selaku perwakilan Manajemen MHU merasa bangga dan berterima kasih kepada OIKN atas kesempatan yang diberikan kepada kami," tambahnya lagi.

#Hutan

Index

Berita Lainnya

Index