ANALISD.com, Inhil - Musim kemarau, wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau bertanah gambut sangat rentan terjadinnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Pihak petugas saat ini sangat gencar melakukan mitigasi pencegahan kebakaran lahan.

Kapolres Inhil, AKBP Norhayat mengatakan, beberapa hambatan pihak petugas melakukan pemadaman dan pendinginan, salah satunya mengenai sulitnya mendapatkan sumber air serta geografis yang jauh untuk ditempuh oleh petugas.

"Yang pertama itu geografis lokasi yang jauh untuk di tempuh dan ketersedian air," kata AKBP Norhayat saat menggelar rapat Analisis dan Evaluasi (Anev) pencegahan Kahutla bersama Forkopimda dan Instansi terkait, Senin (9/10/1023).

AKBP Norhayat mengatakan, pihak kepolisian saat ini gencar melakukan pencegahan kebakaran lahan, baik itu imbauan melalui sosialisasi secara langsung kepada masyarakat dan menyampaikan informasi melalui media tentang larangan membakar lahan.

"Dengan dilaksanakannya rapat ini dapat menjadi deteksi dini jika terjadinya Karhutla serta diharapkan dapat menjadi evaluasi bersama bagi Pemerintah dan Instansi terkait dalam menentukan langkah-langkah penanganan serta upaya-upaya untuk menekan angka Karhutla," pungkasnya.

Selanjutnya Kapolres Inhil, AKBP Norhayat memaparkan prediksi hotspot di wilayah kabupaten Inhil dan perkiraan cuaca pada bulan Oktober. Untuk itu dihimbau kepada seluruh pengampu kepentingan bahu membahu melakukan pemadamam untuk menghindari bencana asap.

"Rekapitulasi data fire spot dan hotspot serta luas lahan terbakar pada Dashboard Lancang Kuning sepanjang tahun 2023 di wilayah Inhil telah kami sampaikan," kata Kapolres Inhil.

Terakhir Kapolres mengatakan penegakkan hukum tak lepas dilakukan oleh Polres Inhil terhadap terduga pelaku pembakaran Hutan dan lahan demi membuat efek jera.

"Berbagai upaya telah kami lakukan dalam penanganan Karhutla," jelasnya.

Kegiatan ini diikuti secara Daring oleh Direktur Krimsus Polda Riau Kombes Pol Teguh Widodo SIK dihadiri Bupati Inhil HM Wardan, anggota DPRD H. Alwi Efendi, Kapolres AKBP Norhayat SIK, Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Arh Agus Purwanto.

Juga diikuti Kejari Inhil, PA Tembilahan, Dansub Denpom 1/3-2 Tembilahan, Kapten Cpm Nanang, Kalaksa BPBD R. Arliansyah, Kasat Pol PP H Yuspik, Dokter RSUD Puri Husada Tembilahan dan Tamu undangan lainnya.

#Hutan

Index

Berita Lainnya

Index