ANALISD.com, Inhu - Batu bara merupakan bahan bakar fosil yang digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Riau notabene kaya akan minyak, dan juga kelapa sawit, tetapi ternyata Provinsi Riau punya komoditas batu bara seperti yang ada di Sumatera Selatan dan Pulau Kalimantan.

Lahan pasca tambang tidak direklamasi (Dok.Pribadi)

Sekelumit permasalahan akhirnya timbul, seperti gambar diatas, lahan pasca tambang yang tidak direklamasi, membuat cemaran disekitarnya, air menjadi keruh dan mengandung logam berat yang sangat berbahaya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Seharusnya menjadi tanggung jawab dari pemerintah maupun perusahaan batu bara agar lahan pasca reklamasi direboisasi kembali.

Jalan Rusak Akibat Truk Batu Bara (Dok.Pribadi)

Kemudian permasalahan jalan rusak juga menjadi atensi, selain dapat menimbulkan kecelakaan, sudah terjadi, juga dapat membuat perjalanan mobil penting seperti ambulans dan mobil pemadam kebakaran sedikit terhambat, sehingga pasien yang seharusnya diantar secepat mungkin, menjadi lama dan tentu sangat membahayakan pasien

Truk-truk besar batu bara parkir di tepi jalan (Dok.Pribadi)

Kemudian truk -truk besar yang lewat juga dapat menimbulkan debu dan membuat jalan rusak, truk yang lewat membuat sekolah pun ikut terdampak, sehingga generasi muda daerah Peranap INHU terganggu pendidikannya, daerah Kuansing juga terdampak hal yang sama.

Spanduk protes masyarakat Peranap Indragiri Hulu menolak adanya dampak negatif batu bara (Dok.Pribadi)

Hal dampak tersebut membuat masyarakat yang didukung emak- emak turun ke jalan menyuarakan permasalahan batu bara pada 30 Mei 2023 silam. Hal ini tentu direspon oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan menyurati perusahaan batu bara agar mengangkut hasil batu bara dengan menggunakan kapal atau pompong.

Ilustrasi Pembangkit Listrik Tenaga Angin dan panel surya (Dok.Shutterstock)

Perlunya energi bersih di Riau menjadi solusi atas permasalahan batu bara, batu bara menghasilkan listrik, maka listrik dapat dihasilkan dari energi terbarukan, energi terbarukan tersedia di alam dan akan terus ada, sebagai contoh Panel surya yang dapat mengubah energi panas matahari menjadi listrik dan juga bio energi lainnya bisa digunakan untuk menggantikan seluruh energi yang berasal dari batu bara

#Energi

Index

Berita Lainnya

Index